Minggu, 17 Agustus 2014

Kartu Identitas Mahasiswa UII

Kartu Identitas itu memang penting dan kalau di Universitas Islam Indonesia, tiap mahasiswa diberikan KTM yang HARUSNYA dibawa kemana mana oleh sang mahasiswa. KTM tersebut terbuat dari plastic yang dilapisi plastic, dan umumnya memiliki desain yang berbeda tiap tahunnya.
Pada tahun 2011, atau saya mulai menjadi mahasiswa saya mendapat KTM yang bertema warna biru kuning da nada gambar gunung merapi serta masjid ulil albab (diedit tentunya) dan ada barcodenya, lapisan pelindungnya lemah, cepat pudar dan mudah luntur kena hujan. Punya saya sendiri sudah hilang 2 kali dan hancur sekali. Nih bentuknya
Gambar 1 KTM Mahasiswa UII tahun 2011 udah pudar dan rusak
Di Universitas islam Indonesia, KTM memiliki kegunaan yang terbatas. KTM hanya sering dipakai saat ujian waktu diminta untuk mencocokan kartu ujian dengan KTM, urusan formal dan pembayaran, bukti identitas, dan izin masuk dan pinjam buku diperpustakaan universitas islam Indonesia menggunakan barcode.
Barcode ini yang penting , meski kartunya hancur, foto gak keliatan, udah kelupas kelupas dan patah patah, selama barcode masih terlihat, maka mesin pendeteksi masih bisa menangkap kode dan kartu itu masih bisa digunakan fungsinya
Informasi yang ada didalam KKN merupakan hasil dari pengisian awal temen temen saat mendaftar jadi ketika saat daftar ada kesalahan, segeralah diurus ke kantor rektorat UII.
Jika punya teman teman hilang maka prosedur yang harus dilewati cukup rumit, harus meminta surat keterangan kehilangan di kantor polisi terdekat lalu ke kantor belakang rektorat UII dan membayar uang sejumlah rp. 20.000,- sebagai pembuatan kartu baru.
Gambar 2 Bacaan Belakang Kartu yang dirapikan
Jika tidak ada surat keterangan dan belum bayar maka belum bisa mendapat KTM yang baru sebagai pengganti KTM lama. Namun jika ada kesalahan informasi dalam KTM oleh pihak UII teman teman dapat menukarkan KTM yang salah untuk KTM baru.
Oh iya beberapa toko/usaha dapat menerima KTM mahasiswa sebagai jaminan dalam meminjam biasanya sih penyewaan gitu entah motor atau kaset. Jadi ,meskipun diuniv sendiri penggunaannya terbatas tapi masih penting untuk dirawat dan dijaga.
Kesimpulannya Kalau dapat KTM suatu saat nanti dijaga ya biar awet soalnya lumayan penting juga nih kartu dalam transaksi mahasiswa.