Senin, 04 Agustus 2014

Pawai Grubuk Sapi

C:\Users\Adam\Pictures\Smart Photo\IMG20140803110039.jpg
Gambar 1 Power of Grubuk Sapi
Kemarin siang Ahad 3 Agutus 2014, beberapa hari setelah lebaran ada sebuah kegiatan yang dilaksanakan masyarakat sleman untuk merayakan hari raya. Pada awalnya saya juga bingung kegiatan apa itu karena dijalan raya ada sebuah keramaian, dan tiba tiba dari sebelah kiri perempatan datanglah kereta /grubuk bertenaga 2 ekor sapi yang bergerak kearah kaliurang atas.
C:\Users\Adam\Pictures\Smart Photo\IMG20140803110030.jpg
Gambar 2 Grubuk Sapi yang turun ke jalan raya
Terkejut dengan pemandangan yang ada saya pu memberanikan diri bertanya kepada orang orang asli yang menonton kegiatan tersebut. Bapak Franz merupakanm salah satu antusias yang menyatakan bahwa ini merupakan “Pawai Grubuk” yan g sudah rutin dilaksanakan oleh lembaga formal sleman (lupa namanya) dan sudah menjadi kegiatan rutin tahunan warga sleman.
C:\Users\Adam\Pictures\Smart Photo\IMG20140803110045.jpg
Gambar 3 Pawai Grubuk Sapi
Kegiatan ini diselenggarakan bisa mencapai 2 hingga 3 kali setahun untuk nmerayakan acara. Biasanya acaranya diisi dengan adanya pawai grubuk yang mengundang sebanyak 150 grubuk yang berarti ada sekitar 300 sapi yang turun kejalan raya. Grubuk tersebut harus berkeliling dan acara akhirnya setelah semua berkumpul dilapangan atas masuk belokan dibawah rumah sakit panti nugraha. Kata bapak franz biasanya ada acara paguyuban yang menemani acaa ini, bahkan acara ini merupakan kegiatan yang telah masuk kalender acara daerah sleman.
Meskipun cuaca mendung dan tidak semua dari 150 grubuk sapi telah turun kejalan dan terlihat , Kegiatan ini cukup mnarik perhatian, apalagi bagi para pendatang seperti saya.
Ini merupakan pengalaman baru yang saya dapat di jogja setelah lebaran, walaupun jalanan jadi sedikit kotor karena kotoran sapi dan menjadi agak bau, namun kegiatan ini cukup menarik pandang dan dapat dikatakan cukup unik bagi orang yang bukan asli daerah sini.
Semoga kalian juga bisa melihat acara Pawai grubuk sapi suatu saat nanti.