Selasa, 31 Januari 2017

Bersama BPJSTK Meraih Bahagia Hari Tua



sumber: dibacaonline.com

Hari tua itu pasti akan datang suatu saat kelak dan kita harus siap menerima datangnya masa itu. Bicara soal masa depan memang tidak ada yang bisa memastikan keadaaan kita. Apakah kita masih diberkahi kesehatan, berapa besar keluarga kita nanti, dan bagaimana hidup kita nanti? Tentunya kita selalu berdo’a agar diberkahi takdir terbaik untuk diri kita dan keluarga. 


Siapa yang tidak ingin Bahagia di hari tua nanti? Saya kira tidak ada. 

Nah, disini saya ingin membahas salah satu cara kita bisa bahagia di hari tua nanti dengan BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang belum terlalu kenal dengan BPJS Ketenagakerjaan, ayo kenalan lewat video dibawah ini

Secara singkat BPJS Ketenagakerjaan itu pengembangan dari JAMSOSTEK. BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan untuk para pekerja yang diselenggarakan oleh Negara.
sumber: bpjsketenagakerjaan.go.id
Memang dalam bekerja tidak ada yang bisa diperdiksi, untuk mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk saat kerja, serta untuk persiapan saat kita tidak mampu bekerja lagi.
Jaminan BPJS Ketenagakerjaan akan membantu kita menghadapi masa masa itu. Apalagi asuransi ini diselenggarakan oleh Negara kita sendiri. Tidak perlu digantung oleh pihak asuransi swasta. Ditambah lagi prinsip  gotong royong dan rasa kekeluargaan menjadi basis pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan. “Sambil menyelam minum air” selain menjamin diri sendiri kita juga beramal membantu orang lain, dimana yang mampu membantu yang kurang, yang tua dibantu yang muda. Prinsip ini akan membantu kesenjangan ekonomi sosial masyarakat dan bersama semua orang bisa bahagia di hari tua.
sumber: bpjsketenagakerjaan
Bentuk Program BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kita ikuti antara lain:

1.    Program Jaminan Kecelakaan Kerja ( JKK ),
Program JKK difokuskan untuk para pekerja yang bekerja di suatu perusahaan dimana fungsi utama adalah “Memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja”.
Manfaat: Pelayanan dan perawatan kesehatan, Santunan berbentuk uang.
Iuran = mulai dari Rp. 10.000/bulan

2.    Program Jamianan Kematian ( JKM )
program ini mampu meringankan Ahli Waris peserta saat ditinggalkan dan bisa merasakan manfaat dari peserta yang meninggal dunia
Manfaat: Santunan 21 juta, Biaya Pemakaman sebesar 3 juta, dan Bantuan beasiswa pendidikan sebesar 12 juta.
Iuran = Rp. 6.800/bulan

3.    Jaminan Hari Tua (JHT)
Program ini menjamin masa tua anda, sehingga tidak perlu bersusah payah lagi memikirkan beban berat pada saat usia kita memasuki usia tua ( 56 tahun ) keatas.
Manfaat: berupa uang tunai sebesar nilai akumulasi yang kita setorkan ditambah hasil pengembangan.
Iuran = mulai dari Rp. 20.000/bulan

4.    Jaminan Pensiun (JP).
Program Jaminan pension akan memberi sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia.
 
sumber: jberita.com
Dengan program program BPJS Ketenagakerjaan terutama program Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua , #BahagiadiHariTua bukan hanya sekedar mimpi lagi. Tidak terbatas pada pegawai kantor saja, dengan BPJS Ketenagakerjaan kebahagiaan hari tua ini bisa didapatkan semua kalangan seperti supir, pedagang, bahkan kuli bangunan.

Program BPJS Ketenagakerjaan benar benar mengimplementasikan pepatah “Berakit Rakit Ke Hulu, Berenang Renang Ke Tepian” dalam hidup. Saat muda kita akan bekerja keras, dan pada saatnya kita tidak mampu bekerja lagi kita akan dibantu menikmati buah hasil kerja kita sendiri. Karena harus diakui, pengeluaran hidup akan terus ada walaupun kita tidak bekerja lagi.

sumber: dm-idholland.com
Dengan perencanaan keuangan yang baik , gaya hidup yang sehat, tidak boros, dan menabung secara rutin Kebahagiaan di hari tua akan semakin dekat. BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan salah satu bentuk perencanaan dan investasi jangka panjang untuk diri kita sendiri.

Bayangkan saja betapa bahagianya kita jika kita dapat memberikan oleh oleh sederhana pada cucuk kita nanti, mampu tidak membebani keluarga untuk makan dan kesehatan. Kita akan jadi teladan dalam kemandirian bagi keluarga di masa senja, kemandirian ini sudah di rencanakan dan dipersiapkan jauh hari dengan bantuan BPJS Ketenagakerjaan.
Nah, mungkin kalau kalian punya info lebih dalam tentang BPJS Ketenagakerjaan bisa bantu melengkapi keterangan bahkan menuliskan artikel dalam lomba blog BPJS Ketenagakerjaan.. Dan kalian yang belum daftar BPJS Ketenagakerjaan, ayo daftar di sini . Bersama siap siap bahagia di hari tua nanti.

“Bersama sama menuju Bahagia Hari Tua Bersama BPJS KetenagaKerjaan”


Thanks for Reading
Adam Afrixal Sinuraya