Selasa, 19 September 2017

Telur, si Sumber Energi Perkembangan


Tumbuh kembang manusia sangat dipengaruhi oleh makanan yang di asupnya selama dia tumbuh. Makanan sebagai sumber nutrisi dan energi akan mempengaruhi bagaimana otak dan otot manusia tumbuh kedepannya. Salah satu  kebutuhan sumber gizi yang wajib dipenuhi agar perkembangan mania dapat berjalan dengan baik
adalah Protein (baik protein nabati maupun protein hewani). Meskipun faktanya begitu, beberapa orang belum dapat memenuhi  kebutuhan protein tersebut. Beberapa alasan yang muncul seperti harga makanan yang berprotein (terutama yang hewani) seperti daging dan ikan salmon itu mahal dan susah di dapatkan. Belum banyak yang menyadari bahwa sebenarnya ada sebuah makanan yang dapat menjadi sumber protein alternatif yang murah dan terjangkau oleh semua kalangan. Makanan sumber protein yang paling mudah dijangkau sebenarnya adalah Telur dan Ayam.

Manfaat dan Kandungan Telur


Telur adalah makanan semua lapisan masyarakat. Dengan menkonsumsi sebutir telur, dan ayam tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan  kita akan menjadi cerdas Telur memiliki beragam jenis nutrisi yang tinggi dan membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Nutrisi yang ada di dalam telur membawa banyak manfaat seperti  meningkatkan kecerdasan otak, merangsang pertumbuhan, pembentukan otot, kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta beragam manfaat yang lain.
Telur dapat meningkatkan level HDL (High Density Lipoprotein) yang merupakan kolestrol baik dalam tubuh  yang dapat menurunkan resiko stroke serta penyakit jantung. Bahkan tak kalah dengan alpukat dan tomat, Putih telur pun sering digunakan sebagai masker wajah yang akan mengencangkan serta mencerahkan wajah.
Meskipun telur bentuknya kecil namun manfaat dan kandungan yang dimiliki dapat dikategorikan sangat besar. Sebutir telur mengandung 6,5 gram protein. Telur juga mengandung 9 jenis asam amino yang  tidak diproduksi oleh tubuh kita. Telur juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin E K, Kalsium, Zync, Mineral, dan Zat besi. Kalsium ,Zat besi, dan  vitamin D sangat bermanfaat  bagi kesehatan tulang.
Dalam berdiet pun telur dapat mengambil peran yang cukup penting sebagai sumber energi. Telur dapat menjadi salah satu alternative diet Karena kandungan protein yang dimiliki membuat rasa kenyang setelah mengkonsumsinya. Tak jarang binaragawan akan memakan telur tanpa memprosesnya terlebih dahulu dalam menu diet mereka. Dengan kobinasi yang tepat dengan sayuran dan gandum, telur sangat baik dalam menjadi menu untuk memperbaiki bentuk tubuh.


Konsumsi Telur di Masyarakat Indonesia


Harga untuk mendapatkan sebuah telur sangatlah murah. Harganya kurang lebih sama dengan sebatang rokok, namun manfaatnya berbanding terbalik jauh lebh baik dibanding rokok. Berdasarkan data pemerintah, masyarakat Indonesia hanya menkonsumsi 100 butir per orang per tahun, sedangkan untuk konsumsi rokok mampu mencapai 1100 batang per tahun. Dapat diartikan orang Indonesia makan telur setiap 3 hari, namun merokok 3 batang setiap hari. Kondisi ini sangat memprihatinkan karena orang lebih takut kolestrol telur namun tidak takut bahaya merokok.
Rendahnya konsumsi telur ini jelas bukan menjadi masalah daya beli masyarakat, namun lebih ke masalah prioritas masyarakat yang rendah terhadap kesehatan. Perihal ini Sama saja orang orang lebih memilih racun dibanding madu ketika ditawarkan keduanya. Prioritas yang rendah ini merupakan akibat rendahnya Pendidikan dan informasi tentang telur. Adanya isu isu seperti ayam brioiler yang disuntik hormone, serta isu telur dapat meningkatkan kolestrol akan terus menekan angka konsumsi telur di Masyarakat.

Hari Ayam dan Telur Nasional dan World Eggs Day


Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) dan Hari Telur Dunia / World Eggs Day (WED) adalah salah satu solusi untuk meluruskan isu isu miring mengenai telur dan Ayam. Dengan adanya acara apresiasi serta promosi telur ini, diharapkan informasi masyarakat tentang telur akan lebih baik dan dapat meningkatkan konsumsi telur pada masyarakat umum. Jangan sampai masih ada masyarakat yang harus menderita kekurangan protein padahal ada ayam dan telur di sekitarnya. Dengan telur dan Ayam sangat memungkinkan untuk menciptakan sebuah generasi yang sehat dan cerdas.
Yuk, tingkatkan konsumsi telur dan Ayam kita. Jangan lupa untuk sambut Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) dan Hari Telur Dunia / World Eggs Day (WED) yang akan di adakan 1 oktober 2017 di Lombok dan 15 oktober di Jakarta nanti. Sebarkan kebaikan telur sebagai makanan yang akan menghasilkan generasi Indonesua yang sehat, cerdas, dan gemilang.

Sumber
Manfaat.co.id