Kamis, 14 Desember 2017

Perjalanan untuk Mencintai Kopi

Kopi Kapal Api Panas (image source : seroyamart.com)
kopi sudah menjadi sesuatu yang hampir tak bisa dilepaskan dalam kehidupan di Indonesia. Semua kalangan dari beragam golongan dan ras di Indonesia memiliki cita rasa dan seleranya sendiri dalam menikmati kopi. Aku sendiri telah mengerti betapa besarnya peran kopi dalam bermasyarakat di Indonesia.

Aku sendiri pertama mengenal kopi dari kakek aku. Sewaktu aku kecil aku sering melihat kakek, ayah, dan para tetangga bercengkrama di depan rumah di malam hari dengan ditemani beberapa gelas yang berisi air berwarna hitam pekat. Aku yang masih kecil pun penasaran dan meminta untuk mencobanya. “Rasanya manis dan hangat” itulah kesanku tentang kopi.
Impresi manisku pada kopi itu tak berlangsung lama ketika aku mencoba sebuah gelas kopi yang diam, belum diminum oleh orang rumah. “…pahit…” hanya itu yang terlintas dipikiranku sembari membersihkan mulut dari ampas kopi. Disanalah aku measa heran mengapa orang bisa menikmati kopi dengan rasa pahit.
Sampai aku kuliah pun pemikiran ku masih sama, dimana kopi harus dinikmati dengan rasa manis dan yang terbaik dengan dicampurkan susu. Bahkan ketika aku mengerjakan tugas akupun mengandalkan kopi manis untuk menemaniku hingga larut. Aku belum pernah bisa mengapresiasi pahitnya kopi hingga aku mengikuti program KKN dimana kami para mahasiswa harus berkecimpung mengerjakan program ditengah tengah kehidupan masyarakat.
Tradisi Jagongan dan Ngopi Indonesia (image source : domuspacispuren.blogspot.co.id)
Aku dapat penempatan di daerah temusari, yang terletak di kaki bukit gunung Merapi. Dan disini, aku belajar bahwa masyarakat jawa memiliki suatu kegiatan yang namanya “Jagongan”, dimana malam malam mereka berkumpul untuk bercengkrama dengan warga lainnya. Aku yang ikut kegiatan tersebut, harus bertahan hingga tengah malam di kedinginan kaki gunung Merapi. Disitulah, kami disuguhi kopi dan kacang rebus hangat untuk menemani mengobrol. Di malam itu, Hidangan sederhana dengan menggunakan kopi Kapal api, air panas, dan kacang tanah mampu mampu menghangatkan suasana.
Kehangatan serta gejolak energi yang dirasakan dari secangkir kopi pahit yang hangat di tengah malam yang dingin bener bener efektif. Meskipun, pahit aku mulai mengerti mengapa mereka menantikan rasa pahit yang membangunkan tubuh dari rasa ngantuk.
Aku pun menyadari bahwa masyarakat Indonesia, bahkan yang di daerah pedalaman pun suka menikmati kopi,dan bagi mereka yang bekerja hingga larut malam seperti supir dan penjaga malam, kopi merupakan sebuah alarm yang menampar mereka untuk bangun dan siap siaga. Tidak heran kopi menjadi sangat popular di masyarakat Indonesia. Terutama pada para mahasiswa yang suka mengebut mengerjakan tugas di tengah malam atau begadang. kopi kapal api yang nikmat serta terjangkau bisa merupakan amunisi berharga bagi para mahasiswa pejuang tugas di tengah malam dan menu wajib di warung warung makan.
Sekarang ini aku masih mengkonsumsi kopi pahit dalam program dietdan pengecilan tubuh. Aku meminum kopi kapal api yang disajikan tanpa gula di pagi hari sebelum berolah raga. Selain memberikan kehangatan, rasa pahit dan nikmat kopi tersebut juga membantu aku untuk bangun dan menambah energi aku dalam berolah raga sebelum memulai aktivitas di pagi hari.
Kandungan kafein pada kopi dapat membantu membakar lemak dalam proses diet aku. Selain, energi tambahan dan efek diet yang aku peroleh, ternyata meminum kopi juga membantu menjaga kesehatan, bahkan ada penelitian yang mengklaim dapat menambah umur hidup kita.
Kapal api (image source : Jobshareid.com)
Pada akhirnya, aku yang tidak menyukai kopi dapat jatuh hati pada rasa pahitnya. Bagaimana pun kita hidup juga seperti menikmati kopi, bisa disajikan manis dengan gula, dicampur manisnya susu atau bisa dinikmati dengan rasa pahitnya. Karena hidup itu seperti menaiki kapal Api, bertenaga bijih kopi yang di terjang ombak dan badai tapi berangkat menuju dermaga tujuan. Bagaimanapun kita mengendarai kapal tersebut, lihatlah pemandangan dan nikmati perjalanannya.
#KapalApi #JelasLebihEnak #SecangkirSemangat
#KapalApiPunyaCerita

Referensi manfaat meminum kopi