Minggu, 11 Maret 2018

Inspirasi di SD GAMA (Gadjah Mada)



Hari ini tanggal 10 maret 2018, merupakan hari Inspirasi di SD GAMA (Gadjah Mada) Balikpapan yang telah kami tunggu tunggu. Ini merupakan pengalaman saya bertindak sebagai
fasilitator, dan saya harus akui bahwa tidaklah mudah untuk bergabung menghibur anak anak di Sekolah Dasar. Ini merupakan pengalaman menemani dan menginspirasi mereka hanya dalam sehari, kebayang ga sih betapa kagumnya saya sama para guru yang rela membimbing anak anak ini setiap hari setelah acara ini.

Tujuan kelas inspirasi disini ingin menanamkan nilai nilai yang baik pada anak anak, dan menumbuhkan motivasi belajar mereka dengan menunjukan orang orang sukses di sekitar mereka. Kali ini SD GAMA kedatangan dua orang inspirator muda yaitu mas Lukman yang merupakan announcer radio, dan mas Adi yang merupakan seorang musisi kondang. Para inspirator hebat ini akan datang ke masing masing kelas untuk berbagi cerita inspirasi mereka.

Para guru yang hadir menyambut kedatangan kami dengan hangat, dan memberikan support yang baik. Mereka dengan setia menunggu dan mengawasi kegiatan hari Inspirasi dari luar. Sejujurnya saya dapat merasakan mereka memiliki rasa sayang kepada anak anak yang mereka bombing dan saya harap kedepannya para pengajar yang muda muda ini dapat terus membimbing dan mengawasi perkembangan anak anak disini. Untuk hari ini, kami merasa beruntung agenda Kelas Inspirasi telah diterima dan di dukung oleh para guru pengajar SD GAMA (Gadjah Mada).

Kegiatan Inspirasi SD GAMA

Acara kami dimulai dengan lansung hadir di acara setelah mereka bersih bersih rutin. Selanjutnya, kita mulai ikut bergabung pada sesi senam bersama. Rasanya asik dan beruntung banget kita bisa beraktifitas bareng dan main senam seperti kecil dulu. Kami sempat bernyanyi bersama di lapangan sembari memperkenalkan kelas inspirasi. Lewat kegiatan ini saya juga mulai tahu warming up senam si tommy

Setelah pemanasan kelas dibagi dua antara kelas 1-3 dan kelas 4-6. Anak anak SD GAMA sangat periang dan penuh semangat, mereka langsung lari ke kelas untuk menunggu para inspirator dengan penuh inspirasi. Begitu mereka hadir di dalam kelas, anak anak itu sudah tidak dapat menahan rasa penasaran dan asik mereka. Mereka berteriak dan berlari larian di dalam kelas menyambut kedatangan para inspirator di Kelas. Sebagai fasilitator tugas kami makin menantang karena kami harus menenangkan anak anak tersebut dan agar mereka mau kondusif ikut berpartisipasi dalam games.

Tips yang bisa saya berikan dalam acara yang melibatkan anak anak adalah temen temen harus punya banyak games games menyenangkan. Sekedar Salam yel yel “HALO HALO HAI” dan salam “GIMANA KABAR? - ALHAMDULILLAH – LUAR BIASA – YES YES YES!” dapat sangat membantu menarik perhatian mereka. Jangan lupa kalau mulai ribut kita bisa pakai jurus pamungkas tepuk superman “tetereretteret – wuusH” dan tepuk diem “sssshhhh” hahaha.

Semangat mereka makin membara ketika kita mengeluarkan sebuah stiker senyum yang ditempelkan kepada mereka untuk partisipasi aktif mereka. Dengan pancingan kecil seperti itu mereka tidak malu untuk maju kedepan dan menjawab pertanyaan. Mereka dengan semangat menuliskan nama mereka dan cita cita mereka di atas headband kertas yang dipasang di jidad mereka.

Lagu Lagu Kondang

Sesi kak lukman sangat asik terutama dengan bantuan dongeng oleh kak dhanar. Anak anak sangat memperhatikan dengan baik. Mereka sangat antusias tentang bernyanyi dengan para inspirator, namun apa yang mereka nyanyikan sungguh diluar ekspektasi saya. Mereka si anak anak SD kelas 1-3 yang masih mungil itu dengan fasih menyanyikan lagu mellow dewasa seperti Ayah dan Tenda Biru lengkap dengan cengkok yang indah dan penuh penghayatan.
Saya kira kemampuan mereka menyanyikan lagu dewasa ini, agak mengkhawatirkan sedikit. Mengingat mereka berarti sangat mudah terpengaruh oleh tayangan  televisi yang di tonton keluarga mereka. Bahkan kakak kakak inspirator dan dokumentator kalah dalam menyanyikan lagu lagu yang mereka nyanyikan. Tapi, tidak semuanya mengkhawatirkan kok mengingat request lagu terbanyak mereka merupakan lagu anak seperti lagu naik delman dan lagu lagu nasional seperti Tanah Airku, Mengheningkan cipta (serius ini mereka request buat dimainin pake gitar), dan Indonesia raya.

Setelah memberikan inspirasi mereka dan bernyanyi bersama kami mengakhiri sesi kali ini dengan berkumpul bersama di lapangan dan bernyanyi bersama. Sesi terakhir yang kami laksanakan adalah penempelan mimpi mereka di pohon impian. Mereka semua datang ke depan poster pohon dan dengan hati hati menempelkan impian mereka ke poster Impian yang akan mereka lihat setiap hari dan mengingatkan mereka akan semangat untuk menggapai cita cita mereka.

Kami mengakhiri acara ini dengan berpamitan dengan anak anak, serta para pengajar. Selain foto foto yang kita ambil, kami pulang membawa berbagai macam cerita dan pengalaman berharga yang sangat tinggi harganya.  

Catatan Pribadi Pasca Acara


Setelah sesi kelas inspirasi ini, saya merasa semakin dekat dengan anak anak yang ada di SD GAMA. Saya yakin sebenarnya mereka anak anak yang manis, polos, mau belajar dan bisa dibimbing, dan sangat menyayangkan kalau ada dari mereka yang dikenal bandel oleh lingkungannya.  Saya kagum mereka punya cita cita yang tinggi untuk jadi dokter, guru, pemain bola, musisi, bahkan koki cantik. Saya berharap mereka bisa belajar dengan konsisten dalam belajar dan dapat membanggakan nama diri, guru, sekolah serta lingkungan mereka. Semoga para murid murid dan guru pengajar tersebut tetap semangat dalam menimba dan memberikan ilmu di SD GAMA.
Saya yakin teman teman akan dapat banyak manfaat dengan mengikuti kegiatan kelas Inspirasi baik sebagai fasilitator, maupun Inspirator. Meskipun, anda menganggap tidak banyak manfaat yang akan kalian dapat, ingat cerita kalian dapat sangat mengubah hidup dan masa depan adek adek nanti. Saya harap kelas inspirasi selanjutnya akan dapat berlangsung lebih baik lagi dan lebih bermanfaat.
Coba deh cek kegiatan kelas Inspirasi (yang Balikpapan punya juga boleh hehe)
Tulisan ini sebenarnya hanyalah salah satu cara saya menyampaikan rasa terima kasih saya atas kesempatan saya mengalami semua ini. Saya hanya berharap semua pihak yang terlibat akan mendapat kebaikan dan manfaat dari yang maha kuasa, termasuk para pembaca yang sudah mau membaca dan peduli.
Trims to TEAM SD GAMA (Mba dayah, Mba Yusna, Mas Tyan, Mas Lukman, Mba Dothy, Mas dhanar dan Mas Adi), it will be impossible to experience this fully without you guys.

====================================
Follow me through :


or check out my blog at