Senin, 12 Maret 2018

Legenda Malaikat Kematian Berselimut Salju



“White Death” atau Kematian Putih, itulah julukan yang disematkan pada seorang sniper legendaris Finlandia. Sniper legendaris itu memiliki nama Simo “Simuna” Hayha. Dia tidak memiliki background militer yang tinggi sebelumnya dan pada awalnya hanyalah seorang petani dan pemburu biasa dari finlandia. Satu satunya pengalaman militer yang dia miliki hanyalah masa wajib militer 1 tahunnya. Kemampuan sniper yang dia miliki dia raih lewat latihan rutin dan kebiasaan setiap harinya.


Awal Legenda

Yang membuat namanya dikenang sebagai legenda adalah keberhasilannya dalam menghabisi lawan dengan menggunakan sniper standarnya dalam perang dingin 1939-1940 rusia. Dia memegang rekor bunuh terbanyak dengan sniper di perang besar. Jumlah lawan yang jatuh lewat peluru simo hayha mencapai 505 hingga 542 orang.
Julukan “white death” muncul dari dedikasinya sebagai sniper yang rela bersatu dengan salju selama berjam jam demi menembak target. Dengan pakaian putihnya, dia bergemul di dalam salju dengan suhu -20o dan -40o Celsius. Dengan mengandalkan ironside dari sniper standar saja dia mampu menghabisi lawan setelah kamuflase berjam jam dalam kedinginan. Dia yakin bahwa dengan menggunakan scope, akan memudahkan lokasinya diketahui oleh musuh lewat pantulan matahari.
Dengan kemampuan kamuflasenya yang menyatu dengan salju itu, tidak ada yang berhasil menemukan keberadaan simo hayha dengan mudah selama perang 3 bulan itu. Mengenakan jaket Diapun bahkan rela menahan nafasnya selama dia membidik karena takut uap nafasnya akan membongkar lokasi persembunyiannya. Hasilnya, dia memiliki rata rata 5 nyawa yang dia berhasil ambil setiap harinya selama perang 100 hari di musim dingin itu.


Soviet yang sangat menyadari kekuatan simo hayha selalu berusaha menyingkirkannya. Dari seluruh tim khusus dan sniper yang di kumpulkan rusia untuk mengimbangi kemampuan hayha, semua jatuh dari serangan sniper hayha .Selain membunuh dengan sniper, Häyhä juga membunuh dua ratusan orang dengan senapan Suomi KP/-31 atau biasa dikenal sebagai SMG, meningkatkan jumlah orang yang dibunuhnya menjadi 705. Seluruh pembunuhan dilakukan Häyhä dalam waktu kurang dari 100 (seratus) hari.
Pada akhirnya para prajurit rusia sangat takut dan segan pada simo hayha, dan menghindari area area dimana hayha diperkirakan bersembunyi. Tentara Russia bahkan sampai mencoba taktik carpet-bombing untuk menyingkirkan hayha, namun tetap tidak berhasil menyingkirkan hayha. Russia begitu kuwalahan hingga melakukan carpet-bombing demi menghabisi simo hayha seorang.

Pasca Perang

pada 6 maret 1940, hayha tertembak di rahang dan pipi nya selama pertempuran. Namun, dengan keajaiban dia berhasil selamat, walaupun harus memiliki wajah dengan bentuk yang tidak normal setelah tertembak. Dia berhasil siuman pada tanggal 13 Maret 1940, tepat di hari perjanjian perdamaian ditandatangani. Setelah peperangan Simo Hayha di promosikan dari alikersantti (Corporal) menjadi vänrikki (Second lieutenant) oleh Finnish Field Marshal Carl Gustaf Emil Mannerheim, dan Simo Hayha sendiri menerima beragam penghargaan atas pencapaiannya.
Setelah peperangan dia menghabiskan beberapa waktu untuk recovery dan sehat kembali. Dia pun menghabiskan waktunya berburu rusa dan membesarkan anjing anjingnya setelah perang dunia ii. Simo Hayha berhasil hidup hingga umurnya mencapai 96 tahun, dan menghabiskan akhir hidupnya di Ruokholati, dan meninggal di rumah asuh veteran perang di Hamina. Dia dikuburkan di Ruokholati. Dengan nisan bertuliskan “Home – Religion – Fatherland”

Kesan Pribadi
Saya kira Simo Hayha berhasil menggapai banyak prestasi dalam perang tidak lain adalah berkat dedikasinya yang begitu tinggi dan rasa nasionalis yang dimilikinya, serta latihan. Di akhir hidupnya, dia berkata bahwa alasan dia bisa menjadi sniper hebat hanya satu “Practice” atau latihan. Sosok Simo Hayha terus dikenang sebagai salah satu tokoh yang menginspirasi dunia hingga saat ini untuk membela negara dan terus berlatih agar menjadi seorang legenda juga.
REFERENSI
====================================
Follow me through :


or check out my blog at