Sabtu, 10 Maret 2018

SD Daerah Kota, Rasa Daerah Tertinggal



Saya pada tahun ini mendapatkan kesempatan ikut Kegiatan bersama dengan Kelas Inspirasi Balikpapan sebagai fasilitator. Di kelas inspirasi kami akan menghadirkan para inspirator di sekolah untuk menumbuhkan cita cita dan rasa semangat belajar pada anak anak di Sekolah. Saya memang sangat ingin mengikuti kegiatan ini dari tahun lalu. Saya mendapatkan tempat di sebuah sekolah dasar bernama
SD GAMA (Gadjah Mada) di Balikpapan yang berada di tengah kota namun memiliki fasilitas belajar yang terbatas. Hari ini saya dan teman fasilitator saya mba daya telah berkunjung ke lokasi sekolah untuk mensurvey tempat dan memperkenalkan agenda kepada guru yang ada. Artikel ini merupakan catatan pengalaman pribadi saya yang saya saat survey ke sekolah itu.

Akses ke sekolah

Lokasinya pun sebenarnya cukup mudah di akses dan terletak di tengah kota. Untuk mencapainya dari arah rumah sakit tantara Balikpapan lurus kebawah sampai honda , sebelahnya ada gang dengan plang sd gadjah mada.


Nanti ketemu ini di pinggir jalan, masuk aja keatas, hanya motor yang muat naik ke jalan atas, mobil tidak bisa melewati jalan tersebut. Kita harus naik ke atas gang nya, ikuti jalan ke kiri habis itu ada keliatan sekolahnya (yang gak mirip sekolah).

Nah itu yang pagar biru sudah gedung sekolahnya, habis itu temen temen bisa masuk ke sekolah lewat pintu yang di depan. Nah nanti tmen temen bisa atur parkir motornya di depan halaman sekolah

Fasilitas Sekolah

Bicara soal fasilitas, sekolah ini memiliki fasilitas yang sangat terbatas. Pihak guru sendiri mengakui mereka berjuang untuk mengajar meskipun tetap dana yang dimiliki sekolah tetap terbatas. Sejak kebakaran yang menimpa sekolah di dekat lokasi dimana ada 3 kelas SD GAMA dilaksanakan, mereka harus menggabung kegiatan belajar mereka di satu Gedung kecil yang hanya diisi 3 kelas saja.


Jumlah murid mereka mencapai 60 orang dengan rata-rata murid perkelas 10-15 orang, dan dengan fasilitas kelas dan pengajar yang terbatas mereka terpaksa membagi sesi belajar mereka menjadi sesi pagi dan sesi siang untuk kelas yang berbeda. Kegiatan  mereka sangat sederhana namun penuh semangat. Ibu kantin mereka di samping kelas dan lapangan menyediakan jajanan berupa es sachetan dan nasi goreng yang akan ramai dikunjungi murid murid saat istirahat.



Pada saat upacara mereka hanya menggunakan  bendera pendek yang biasa di pajang di samping papan tulis kalau di sekolah pada umumnya. Mereka sendiri tidak memiliki speaker besar untuk kegiatan senam, sehingga hanya menggunakan speaker kecil dan handphone yang disambungkan ke youtube saja.
Kantor guru sendiri hanya satu ruang kecil, dan salah satu guru tinggal di loteng salah satu ruang sekolah. Kamar mandi mereka ada 2 buah, satu terletak di dalam dan satu terletak di luar dekat kantin.

Kegiatan sekolah

Kelas Inspirasi nanti akan diadakan pada hari sabtu, dan pada saat itu mereka memiliki kegiatan rutin untuk senam bersama guru dan melakukan bersih bersih yang dimulai pagi jam 8.00 hingga jam 11 siang.
Semua kegiatan mengajar di sekolah ini di handle oleh guru sebanyak 6 orang, 1 Admin 1 (sebut saja begitu) &kepsek. Yang saya perhatikan adalah semua guru yang mengajar saat ini adalah guru baru, dan guru pengajar yang lama sudah dikeluarkan semua, namun saya merasa tidak enak untuk mempertanyakan hal ini lebih lanjut.
Sosok bapak Irfan merupakan satu satunya tokoh pengajar laki laki di SD GAMA, beliau merupakan tombak yang paling bisa menegaskan disiplin dan hormat pada anak anak di sini. Guru Guru lain seperti ibu Sri, Ibu Ria, Ibu Lina, Ibu Mila, dan Ibu Anna semuanya pengajar wanita, yang tentunya juga memiliki kelebihannya masing masing dalam mengajar. Saya berharap ketulusan mereka mengajar di SD GAMA ini akan terbayar suatu saat baik oleh muridnya atau pihak lain.

Sosial-ekonomi Lokasi sekolah

Keadaan sosial di lingkungan SD GAMA sangat beragam. Rata rata orang tua siswa bekerja di pasar klandasan sebagai pedagang & nelayan, namun ada juga sebagian kecil yang bekerja dikantor. Tak jarang profesi orang tuanya memaksa siswa yang masuk siang untuk saat pagi ke klandasan bantu pekerjaan orang tuanya angkat angkat barang di pasar. Lingkungan merekapun juga telah mengembangkan sifat para murid untuk memiliki mental yang kuat. Sifat ini pun menyebabkan respect mereka terhadap guru pengajar kurang, siswa terkadang "berani" melawan, bahkan ada yang berbicara kasar pada guru.
Ada orang tua  siswa tidak begitu peduli ke anak-anak sehingga meskipun bolos dibiarkan saja. Lingkungan keluarga akan mempengaruhi minat anak untuk belajar, akan tetapi kegiatan menumbuhkan minat belajar mereka kurang, dimana Perpustakaan mereka sudah tidak terpakai lagi dan dialih fungsikan sebagai Gudang. Bahkan ada salah satu murid yang rajin, namun lingkungan keluarganya tidak baik dan ternodai kasus Narkoba, Guru guru sangat menyayangkan hal ini dan potensi anak itu.

Siswa sendiri jarang bawa atau memiliki handphone, hanya kelas 6 yg biasa bawa handphone yang kadang membuat mereka tidak ikut perintah guru dan terlalu focus ke handphone mereka. Di SD GAMA tidak ada anak berkebutuhan khusus . Tapi, anak anak bandel pasti ada, bahkan ada salah satu murid yang seringnya ada di kantin bukan belajar di kelas.
Lingkungan mereka juga tak jarang mempengaruhi mereka secara negative. Dulu, pernah ada siswa yang merokok dan pakai narkoba (ngelem) di usia mereka yang masih kelas 3-4 SD. Pembawaan materi  bahaya Narkoba sangat di butuhkan di lingkungan ini.

Kesan Akhir
Kesan awal saya pada sekolah ini lebih tertuju pada kegigihan serta ketulusan para pengajarnya. Saya sungguh berharap datangnya kelas Inspirasi ini akan dapat menjadi dorongan untuk adek adek untuk menjadi orang sukses dan mampu merubah lingkungannya. Saya ingin juga sebenarnya mengadakan penyuluhan bahaya Narkoba pada adek adek disini. Semoga saja saya akan bisa melakukan hal tersebut kedepannya.
Saya harap tulisan ini akan membangkitkan hati temen temen untuk bersyukur atas fasilitas Pendidikan yang bisa kita raih, dan jangan lupa untuk berbagi terhadap sesame. Paling tidak semoga teman teman juga akan terinspirasi untuk membawa kesadaran keadaan nyata dunia Pendidikan disekitar teman teman lewat tulisan.
====================================
Follow me through :


or check out my blog at

thanks